Penyebab Wanita Lebih Berisiko Hipertensi Dibanding Pria

Berdasarkan riset pada tahu 2013, prevalensi wanita yang terkena hipertensi ternyata lebih tinggi, yaitu 28,8% dibanding dengan laki-laki 22,8%. Cari tahu apa Penyebab Wanita Lebih Berisiko Hipertensi Dibanding Pria

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan distributor resmi resmi penjualan obat herbal online dengan sistem pelayanan spesial yaitu “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Datang Baru Transfer Pembayaran“. Kami menyediakan berbagai macam obat herbal yang ampuh dalam mengobati segala jenis penyakit, mulai dari penyakit ringan sampai penyakit berat. Salah satunya menyediakan Ginkgo Biloba Plus Capsule yaitu Obat Untuk Meningkatkan Aliran Darah yang sudah terbukti ampuh dan efektif. Tapi disi kami buka hanya memberikan informasi pengobatan melainkan akan memberikan informasi kesehatan yaitu mengenai Penyebab Wanita Lebih Berisiko Hipertensi Dibanding Pria. Nah, langsung saja simak informasi lengkapnya berikut ini.

penyebab-wanita-lebih-berisiko-hipertensi-dibanding-pria

Penyebab Wanita Lebih Berisiko Hipertensi Daripada Laki-Laki — Hipertensi adalah kondisi yang dapat menyebabkan penyakit katastropik seperti masalah kardiovaskuler, stroke, kerusakan ginjal, hingga demensia. Jika berbicara mengenai epidemiologi dari hipertensi ini, maka faktanya wanita memiliki risiko yang lebih tinggi dianding pria.

Penelitian terbaru di Wake Forest Baptist Medical Center menemukan adanya perbedaan mekanisme tubuh yang menyebabkan wanita lebih berisiko terkena tekanan darah tinggi.
Sebelumnya, komunitas medis menganggap tekanan darah tinggi disebabkan oleh mekanisme yang sama, baik pria maupun wanita.

Ini adalah studi pertama yang menyebutkan jenis kelamin sebagai salah satu elemen pemilihan obat anti-hipertensi,” ujar Carlos Ferrario, penulis utama dalam studi tersebut.

Selama sekitar 20-30 tahun ini, kata Ferrario, telah terjadi penurunan angka kematian penyakit kardiovaskuler pada pria yang signifikan. Namun, hal ini tidak terjadi pada wanita. Bahkan, penyakit jantung menjadi penyebab utama kematian di Amerika Serikat.

Menurutnya, jika diberikan obat yang sama, penderita penyakit jantung pada wanita juga turun seperti yang dialami pria.

Dalam studi, peneliti membandingkan 100 pria dan wanita usia 53 tahun atau lebih tua yang hanya mengalami penyakit tekanan darah tinggi. Peneliti mengamati faktor-faktor yang menyebabkan tekanan darah tinggi, apakah faktornya berasal dari jantung atau pembuluh darah. Peneliti mengamati zat-zat yang terlibat dalam sirkulasi darah, serta karakteristik hormonal dari mekanisme yang terlibat.

Peneliti menemukan bahwa wanita berisiko 30-40 persen lebih tinggi terkena hipertensi dibandingkan pria. Ada perbedaan secara fisiologis dalam sistem kardiovaskular antara pria dan wanita, termasuk kadar hormon yang terlibat dalam sistem peredaran darah. Hormon ini diduga ikut berkontribusi terhadap tingkat keparahan serta frekuensi penyakit jantung.

Ferrario menyimpulkan hasil menelitian ini sebagai salah satu rujukan agar para dokter lebih memahami metabolisme secara lebih spesifik, sehingga bisa menyesuaikan dosis dan obat yang diperlukan.

Kita perlu mengevaluasi dosis dan kombinasi obat untuk membantu menyembuhkan wanita yang menderita hipertensi,” kata dia seperti dikutip Eurekalert.org.

Baca Juga : Makanan Penurun Kekebalan Tubuh Yang Harus Dihindari

Untuk mengurangi risiko hipertensi, ada baiknya wanita selalu menjaga pola hidup sehat sedini mungkin. Mulai dari mengurangi asupan garam dalam makanan dan rajin berolahraga. Sekian informasi seputar Penyebab Wanita Lebih Berisiko Hipertensi Dibanding Pria, semoga bermanfaat.

Penyebab Wanita Lebih Berisiko Hipertensi Dibanding Pria

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s